Mediasi Antara BPD Dengan Kepala Desa Lermatang Berlangsung Kondusif - TV BERITA INDONESIA

Akurat Terpercaya dan Inspiratif

BREAKING NEWS

Sabtu, 12 Februari 2022

Mediasi Antara BPD Dengan Kepala Desa Lermatang Berlangsung Kondusif

Wartawan : Alihasan

Maluku, Tv Berita Indonesia - Diketahui sebelumnya, telah terjadi kericuhan yang menimbulkan adu mulut warga di Desa Lemartang, Kecamatan Tansel, Kabupaten Kepulauan Tanimbar pada Jumat (11/2/2022).


Berawal pengaduan dari Ketua BPD Desa Lermatang Welem Batmetam, bersama para pemuda Lemartang terkait persoalan Pembebasan dan Pembersihan (Pameri) lahan hutan yang dilakukan oleh Kepala Desa bersama dengan keluarga besar Batlayeri untuk dijual kepada salah satu pengusaha di Kota Saumlaki. 

Welem bersama para pemuda Desa Lemartang melaporkan hal tersebut kepada Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Lemartang, untuk menghadirkan Kepala Desa bersama perangkatnya, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan Kepala Soa.


"Hal itu guna melakukan mediasi, agar untuk sementara waktu aktifitas pembersihan (pameri) hutan dan penjualan lahan dihentikan karena akan berdampak masalah," ujar Welem.

Menurut Welem, dengan kondisi lahan tersebut, bisa mendapatkan pembagian lahan puluhan hektar per orang, dan juga banyak orang lain yang menguasai atau menyerobot, sehingga mengantisipasi persoalan ini terjadi kedepannya.


Wakapolsek Tansel Iptu C Warawarin, didampingi Bhabinsa Desa Lermatang dan Kanit Polsek Tansel berupaya melakukan mediasi terkait persoalan tersebut.

Namun sebelum mediasi, telah terjadi keributan yang dipicu saling adu mulut antara Sekretaris BPD dan juga Kepala Desa Lemartang.


Wakapolsek Tansel dan Kanit Binmas Polsek Tansel bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Lemartang menghentikan kegiatan tersebut karena disinyalir berdampak akan terjadinya masalah antara kedua belah pihak. Situasipun aman terkendali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar